Senin, 03 November 2014

Macam-Macam Jenis Sapi (Sapi Pekerja)

SAPI PEKERJA

1. Penjelasan Singkat Tentang Sapi

    Sapi adalah binatang yang termasuk ke dalam ras hewan Bovinae. Biasa dipanggil lembu. Banyak orang memelihara sapi untuk diambil susu nya(diperah) dan diambil dagingnya sebagai makanan sehari - hari. Disamping itu sapi juga sangat bermanfaat bagi manusia karena dapat dijinakkan dan mudah untuk diarahkan, walaupun nenek moyang nya merupakan hewan yang liar. Hingga saat ini banyak masyarakat kita yang menggunakan sapi sebagai penggerak dan alat transportasi. Para petani menggunakan sapi sebagai penggerak alat untuk membajak sawah dan itu sangat memudahkan petani. Sapi juga lekat sebagai mata pencaharian masyarakat. Di zaman dahulu, selain kuda, sapi sangat berguna sebagai alat transportasi antar desa. Namun, sapi juga merupakan hewan yang disakralkan, beberapa suku di Indonesia mempercayai sapi sebagai hewan yang suci dan sakral. Mereka menggunakannya dalam berbagai acara perayaan dan ritual tahunan.
jenis sapi di dunia | ternak sapi | usahaternak
Persilangan jenis sapi di dunia menciptakan banyak varian unggul

   Sekarang, sapi adalah salah satu komoditas paling unggul di beberapa negara termasuk Indonesia. Banyaknya jenis sapi yang tersebar di berbagai belahan dunia menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Apalagi setiap tahunnya umat muslim merayakan hari raya qurban, mau tidak mau hal ini juga berpengaruh terhadap naiknya pamor sapi pedaging sebagai hewan yang dapat digunakan sebagai bisnis. Namun, walaupun tidak di hari raya qurban pun, sapi sudah seperti kebutuhan sehari - hari dan banyak orang menginvestasikan uangnya untuk memelihara dan beternak sapi unggul.

2. Jenis-Jenis Sapi 

   Bila dikelompokkan berdasarkan pemeliharaan dan pembesarannya. Jenis sapi di dunia dapat digolongkan ke dalam tiga kategori. yaitu :
  • Sapi Potong / Pedaging
  • Sapi Perah
  • Sapi Pekerja
Dari tiga kategori tersebut yang paling banyak prosentase nya di Indonesia adalah jenis jenis pedaging dan perah. Untuk tipe pekerja jarang digunakan karena di zaman modern ini fungsi sapi sebagai pekerja telah digantikan oleh mesin. Oke, langsung saja kita bahas satu persatu apa saja sapi - sapi yang ada di dunia :

C. Jenis Sapi Pekerja

jenis sapi pekerja | ternak sapi | usahaternak
Sapi bali merupakan jenis sapi pekerja terbaik di dunia
Sapi Bali
Sapi bali adalah cerminan sapi pekerja yang sesungguhnya. Kuat, otot yang besar dan mengandung sedikit lemak. Kulitnya tebal dan daya tahan luar biasa. Mengandung keturunan dari sapi liar atau banteng. Ciri utama adalah warna kecoklatan merah bata untuk sapi bali muda, setelah dewasa warna akan lebih gelap hingga menjadi coklat kehitaman. Sapi bali merupakan produk asli Indonesia. Selain sebagai penarik bajak pada ladang pertanian, biasanya juga digunakan sebagai sapi pedaging karena tubuhnya yang besar dan berisi.
Gambar sapi bali - sapi pekerja lokal usahaternak 
Gambar sapi Bali


Sapi Madura
Sapi madura adalah hasil peranakan dari sapi bali dengan jenis sapi impor ongole dan sapi lokal jawa. Oleh karenanya sapi madura memiliki warna bulu coklat khas sapi bali dan berpunuk sedang seperti sapi ongole untuk si jantan. Tubuhnya relatif kecil dengan berat hanya kisaran 250 sampai 300 kilogram. Walaupun terglong kecil, tenaga nya sangat besar sehingga banyak digunakan sebagai sapi pacuan / karapan sapi khas madura. Kurang cocok digunakan sebagai sapi potong dikarenakan terlalu kecil prosentase dagingnya.
Gambar sapi madura - sapi pekerja lokal usahaternak 
Gambar sapi Madura


  Itulah tadi deskripsi singkat mengenai macam-macam sapi potong beserta gambarnya.
  Saya selaku penulis mohon maaf bila ada salah kata yang kurang berkenan.Bila ada kritik atau saran saya dengan senang hati akan menerimanya saya ucapkan terima kasih.
wabillah hitaufik walhidaya wasalam mualaikum warrohmatullah hiwararokatu

Sumber :http://www.usahaternak.com/2014/03/foto-dan-gambar-sapi-terlengkap.html
               http://www.usahaternak.com/2014/03/jenis-sapi-unggul-di-seluruh-dunia.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar